Pengertian Website, Sejarah, Jenis Dan Manfaatnya Menurut Para Ahli

Salam hangat bagi seluruh pembaca setia Buku Online, semoga kita tetap dalam lindungan rahmat dari Tuhan Yang Maha Esa. Dikesempatan yang indah kali ini, kami akan membahas mengenai pengertian website, sejarah, jenis dan manfaat website itu sendiri secara lengkap dan terperinci. Mari kita simak ulasannya satu persatu.

Pengertian Website





Website adalah suatu kumpulam halaman web yang saling berhubungan yang dapat diakses melalui halaman depan dan dengan menggunakan browser. Secara umum, website ialah kumpulan berbagai macam situs yang terangkum dalam domain maupun subdomain yang dapat diakses menggunakan internet. Biasanya halaman website berupa dokumen yang ditulis didalam Format Hyper Text Markup Language.

Berikut ini pengertian beberapa website diantaranya :

1. Haer Thalib (1992) website adalah sebuah tempat di internet yang memiliki tempat dan nama.

2. Taufik Hidayatullah (2002) website adalah internet, yakni bagian yang terlihat sebagai jaringan terbesar di dunia.

3. Yuhefizar (1998) website adalah metode untuk menampilkan informasi di internet, yakni yang berupa text, foto, vidio maupun suara yang interaktif  dan memiliki kelebihan untuk menghubungkan antar dokumen satu dengan yang lain yang dapat diakses melalui browser

4. Gregorius (2000) website adalah kumpulan halaman yang memiliki keterhubungan dengan file yang saling berkaitan. Web terdiri dari halaman (page), halaman-halaman yang terkumpul dinamakan home page. Home page memiliki posisi di luar dan halaman yang memiliki keterkaitan berada di dalamnya. Biasanya halaman di dalam home page dinamakan child page, yang berisiskan hiperrlink ke halaman lain dalam website.

Sejarah Website


Asal muasal website, website pertama kali diciptakan oleh Sir Thimothy John "Tim" Berners-Lee. Pada tahun 1991 situs web pertama kali muncul dan tersambung dengan jaringan. Pada masa itu tim membuat web untuh mempermudah tukar menukar dan memperbarui informasi antar sesama peneliti ditempat mereka bekerja. Pada tanggal 30 April 1991, WWW dapat di gunakan oleh seluruh masyarakat secara gratis yang di umumkan oleh CERN (tempat dimana tim bekerja).

Sebuah sius web dapat menunjukan hasil kerja perorangan atau kelompok kepemilikan organisasi perusahaan. Pembahasan dalam situs web biasanya berupa topik khusus atau bisa juga untuk sebuah kepentingan tertentu. Sebuah situs web yang berisi pranala dapat terhubung dengan situs web lain, begitu juga sebaliknya, situs web lain yang juga dapat terhubung. Hal ini membuat situs web pribadi dan situs web suatu kelompok organisa tidak begitu jelas perbedaannya.

Sebuah web umumnya ditempatkan disebuah server. Sebuah server biasanya sudah di lengkapi dengan perangkat lunak yang khusus untuk menangani peraturan nama ranah, serta layanan atas protokol HTTP yang dinamai sebagai server HTTP, seperti Internet Information Service (ISS) dan Apache HTTP Server.

Jenis-Jenis Website 


Ada beberapa jenis website berdasarkan platform, sifat dan fungsinya, diantaranya :

1. Jenis website berdasarkan platform

  • HTML dan CSS
  • CMS (perangkat lunak atau sistem yang berfungsi untuk membuat dan mengatur konten digital).
  •  Website builder (platform yang membantu kita untuk membuat konten website dengan cepat, tanpa perlu memahami kemampuan design atau coding.
2. Jenis website berdasarkan sifat

  • Website statis (website yang kontennya tidak berubah).
  • Website dinamis (website yang secara berkala kontennya selalu di update).
3. Jenis website berdasarkan fungsi
  • Blog atau content marketing (website yang berbentuk mirip dengan diary online atau sebuah jurnal).
  • Website pribadi (halaman web milik perorangan yang berisi konten sesuai keinginan sendiri).
  • Website toko online (website jual beli-barang dan jasa yang menggunakan jaringan internet).
  • Website berita (halaman web yang berguna untuk menyebarkan semua jenis berita yang tengah viral dan bisa di komentari pada web tersebut).
  • Website komunitas online (website milik perkumpulan orang yang tergabung dalam komunitas tertentu yang berguna untuk saling sharing dan bersosialisasi melalui web tersebut). 
  • Website perusahaan (website milik perusahaan yang berisi informasi indentitas diri mereka yang ada di perusahaan tersebut).
  • Website organisasi atau instansi pemerintah (website milik pemerintah yang berisi informasi dan peraturan baru tentang sebuah negara atau daerah).

Manfaat Website


Setelah mengetahui pengertian website, sejarah dan jenis-jenis website, kini kita akan membahas mengenai manfaat karna adanya website, diantaranya :

1. Manfaat yang di dapat secara umum 
  • penyedia informasi yang mudah di akses, dilihat dan diketahui khalayak umum selama 24 jam non stop.
  • Mudah dijangkau diseluruh daerah bahkan dipelosok sekalipun, karna website terhubung dengan media seluruh belahan dunia.
  • Mudah dikelola, dengan memilih website yang baik kita dapat memperohel hasil informasi yang mudah operasikan.
2. Manfaat yang didapat bagi bisnis dan perusahaan
  • Berbisnis menggunakan website akan selangkah lebih maju ketimbang tanpa website
  • Bisnis kita akan lebih mudah didapat oleh para pelanggan
  • Memajukan citra positif kredibilitas.
  • Dimata msyarakat, citra perusahaan dapat dibangun melalui informasi yang dipersentasikan di website.
  • Komunikasi dua arah dan menawarkan kenyamanan kepada pelanggan.
  • Transaksi dapat dijalankan 24 jam non stop.
Demikianlah topik yang telah kita bahas kali ini, sedikit banyaknya semoga bermanfaat. Trima kasih.










0 Response to "Pengertian Website, Sejarah, Jenis Dan Manfaatnya Menurut Para Ahli"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel