Pengertian Jurnal Akuntansi, Jenis Dan Fungsinya Lengkap

adsense 336x280
Sahabat semuanya, jumpa lagi dengan kami diweb Buku Online. Kali ini kami akan mengupdate mengenai jurnal akuntansi. Apa itu jurnal akuntansi, jenis-jenis serta fungsinya kami akan membahasnya satu-persatu secara lengkap dan terperinci. Mari kita simak pembahasannya.

Pengertian Jurnal Akuntansi


Dalam hal akuntansi, sebuah jurnal memicu pada sebuah catatan keuangan yang disimpan dalam bentuk spreadsheat, buku, atau perangkat lunak akntansi yang berisi semua transaksi atas sebuah bisnis.

Pengertian jurnal akuntansi ialah catatan transaksi keuangan sebuah bisnis yang di catat (ditulis dan dimasukkan) dalam sebuah jurnal. Semua transaksi keuangan dalam sebuah bisnis akan dicatat atau ditulis dalam jurnal dengan menggunakan metode pembukuan doble entry atau single entry. Biasanya, entri jurnal yang dicatat sesuai dengan tanggal transaksi atau dimasukkan sesuai dengan urutan kronologis, kemudian saldo debet, dimasukkan sebelum saldo kredit.

Singkatnya, jurnal akuntansi adalah catatan rinci tentang traansaksi keuangan bisnis. Transaksi yang ditulis ialah catatan kronologis, jumlah, akun yang terpengaruh dan kearah akun yang terpengaruh. Tergantung ukuran dan kompleksitas usaha, nomor referensi dan catatan transaksi. Catatan yang tercantum atau tercatat dinamakan jurnal. Informasi dari jurnal inilah yang kemudian dicatat atau ditulis dalam buku besar.

Jenis Jurnal Akuntansi

Setiap bisnis usaha memiliki cara tersendiri untuk mencatat transaksi yang tengah berjalan, salah satunya dengan jurnal akuntansi. Secara umum jurnal akuntansi dibagi menjadi dua, yakni :

1. Jurnal umum

Yakni jurnal yang digunakan untuk catatan semua transaksi keuangan yang timbul karna adanya beragam transaksi keuangan perusahaan atau kantor dalam periode akuntansi yang spesifik. Dalam sebuah perusahaan jurnal umum dijadikan buku harian yang berisi seluruh catatan transaksi sepanjang periode yang berjalan. Jurnal umum biasanya hanya dipakai dalam akuntansi perusahaan jasa saja, karna dalam perusahaan jasa semua transaksi hanya dapat dicatat dalam jurnal umum.

2. Jurnal Khusus

Yakni jurnal yang dapat dikelompokkan atau digabungkan berdasarkan transaksi. Dalam hal ini pelaku pencatatan mengidentifikasi transaksi yang ada dan terjadi, serta memasukkanya atau menulisnya kedalam jurnal khusus.

Jurnal khusus memiliki beberapa macam, yakni :
  • Jurnal pembelian
  • Jurnal penjualan
  • Jurnal penerimaan kas, dan
  • Jurnal pengeluaran kas

Fungsi Jurnal Akuntansi


Jurnal akuntansi memiliki 5 fungsi, yakni fungsi analisis, historis, pencatatan, informatif dan instruktif. Mari kita simak penjelasan dari kelima fungsi tersebut.

1. Fungsi analisis, yakni catatan transaksi yang terjadi pada suatu bisnis atau usaha harus sesuai dengan bukti transaksi yang ada.
2. Fungsi historis, yakni catatan transaksi harus sesuai degan urutan dan kronologis.
3. Fungsi pencatatan, yakni transaksi harus dicatat sesuai dengan bukti dokumen.
4. Fungsi informatif, yakni sebagai sumber informasi utama dalam transaksi yang masuk dan keluar.
5. Fungsi instruktif, yakni sebagai instruksi untuk melakukan updating atau postingan transaksi dalam buku besar.

Demikianlah postingan kami kali ini yang membahas mengenai jurnal akuntansi. Sedikit banyaknya semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita. Terima kasih telah mampir keblog kami.





   

 

adsense 336x280

0 Response to "Pengertian Jurnal Akuntansi, Jenis Dan Fungsinya Lengkap"

Posting Komentar