Pengertian Pertumbuhan Ekonomi, Ciri, Faktor Dan Contohnya Lengkap

Salam hangat bagi seluruh pembaca Buku Online, kali ini kami akan membahas mengenai faktor pertumbuhan utama bangsa Indonesia yakni pertumbuhan ekonomi. Pengertian, ciri, faktor dan contohnya kita akan menyajikannya satu persatu secara lengkap.

Pengertian Pertumbuhan Ekonomi



Pertumbuhan ekonomi, hal yang tak asing lagi bagi setiap negara. Negara yang mengalami pertumbuhan ekonomi memiliki pertumbuhan masyarakat yang baik. Apa sebenarnya yang dimaksud pertumbuhan ekonomi? Pertumbuhan ekonomi adalah kondisi meningkatnya pendapatan dikarnakan terjadi peningkatan barang dan jasa. Peningkatan ini tidak di kaitkan pada pertumbuhan jumlah penduduk melainkan di lihat dari output, perkembangan tegnologi dan berbagai inovasi yang mengalamai peningkatan.

Pertumbuhan ekonomi bisa diartikan juga  sebagai proses perubahan perekonomian suatu negara dalam jangka waktu tertentu untuk menuju kondisi ekonomi yang lebih baik lagi. Pertumbuhan erat kaitannya dengan meningkatnya kapasitas produksi dengan diwujudkan melalui kapasitas kenaikan penghasilan Nasional.

Beberapa pendapat mengartikan pengertian pertumbuhan ekonomi sebagai berikut:

1. Menurut pengamat ekonom klasik (Adam smith, David ricardo, Thomas robert malthus,  dan John stuart mill) maupun non klasik (Robert Sollow dan Trevor swan) ada 4 faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi diantaranya ialah
- Jumlah penduduk suatu negara
- Jumlah produk suatu negara
- Kemajuan tegnologi suatu negara
- Kekayaan alam dan luas tanah suatu negara

Suatu perekonomian dikatakan mengalami perkembangan apa bila perekonomian tersebut mengalami peningkatan dari pada perekonomian sebelumnya.

2. Prof. Simon Kuznet mengartikan pertumbuhan ekonomi sebagai kenaikan jangka panjang dalam kemampuan suatu negara menyediakan barang-barang ekonomi bagi penduduknya, kemampuan berdasarkan pada kemajuan tegnologi dan penyesuaian kelembagaan dan ideologis yang dibutuhkan.

3. Budiono (1994) pertumbuhan ekonomi adalah suatu pertumbuhan output perkapita jangka panjang yang terjadi apabila ada kecenderungan untuk naik yang berproses dari intern perekonomian tersebut, bukan berasal dari luar dan bersifat sementara. Atau dengan kata lain yang bersifat sementara self generating, yang berarti bahwa proses pertumbuhan itu sendiri menghasilkan suatu kekuatan atau momentum bagi kelanjutan pertumbuhan tersebut dalam periode-periode selanjutnya.

4. Sadono sukirno, pertumbuhan ekonomi merupakan perubahan tingkat kegiatan ekonomi yang berlaku dari tahun ke tahun. Sehingga untuk mengetahuinya harus melakukan perbandingan pendapatan nasional dari tahun ketahun yang dikenal sebagai laju pertumbuhan ekonomi.

5. M. P. Todaro pendapatnya tentang pertumbuhan ekonomi merupakan suatu proses yang mantap dimana kapasitas produksi dari suatu perekonomian meningkat sepanjang waktu untuk menghasilkan tingkat pendapatan nasional yang semakin besar.

Ciri-Ciri Pertumbuhan Ekonomi

Menurut pengamat ekonom Prof. Simon Kuznet, enam karakteristik pertumbuhan ekonomi modern yang muncul dalam analisis yang berdasarkan pada produk nasional dan komponennya, tenaga kerja, penduduk dan lainnya.

Berikut ini adalah ciri-ciri pertumbuhan ekonomi :

1. Peningkatan produktifitas masyarakat
2. Urbanisasi suatu negara
3. Melakukan ekspansi negara maju
4. Terjadinya arus barang, manusia dan modal antar namgsa-bangsa didunia
5.  Terjadi perubahan struktural yang tinggi
6. Terjadi laju pertumbuhan penduduk dan produk perkapita yang cepat


Faktor Pertumbuhan Ekonomi


Setelah mengetahui pengertian dan ciri-ciri ekonomi, kini kita akan membahas faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi, diantaranya :

1. Sumber Daya Manusia

Sumber daya manusia adalah hal utama setiap negara yang mempengaruhi cepat atau lambatnya faktor pertumbuhan ekonomi. Kualitas SDM yang menurun mengakibatkan pengangguran semakin meningkat yang dipersempit dengan sedikitnya lapangan kerja. Peningkatan pengangguran menyebabkan kemiskinan semakin merata dikalangan masyarakat sehingga berpengaruh terhadap permintaan barang dan jasa dari suatu perusahaan atau bisnis. Masyarakat akan menghemat pendapatannya dan hanya akan membelanjakan kebutuhan primer saja.

2. Sumber Daya Alam

Sumber daya alam adalah segala sesuatu yang dihasilkan oleh alam seperti tanah, hasil tambang, hasil hutan, iklim dan lain sebagainya, yang keseluruhannya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat demi kemakmuran hidup mereka. SDA merupakan salah satu faktor untuk mempermudah suatu negara dalam mencapai pertumbuhan ekonomi suatu negara tersebut.

3. Teknologi

Tegnologi sangat berpengaruh bagi pertumbuhan ekonomi suatu negara. Jika suatu negara memiliki teknologi yang canggih dan maju, maka pertumbuhan ekonomi negara tersebut juga akan mengalami kenaikan ekonomi dikarnakan faktor teknologi tersebut.

4. Barang Modal

Barang modal ialah seluruh jenis barang yang dipakai suatu negara untuk menghasilkan barang dan jasa. Contohnya mesin pabrik, alat-alat pertukangan, alat-alat pertanian dan lain sebagainya, yang kesemuanya sangat membantu masyarakat dalam bidangnya masing-masing. Sehingga barang modal juga menjadi faktor pertumbuhan ekonomi.

5. Tingkat Inflasi

Tingkat inflasi adalah nilai rupiah yang tidak terkendali lajunya. Hal ini berpengaruh pada bahan -bahan produksi yang mengalami kenaikan sehingga berpengaruh pada hasil barang dan jasa yang juga ikut naik dipasaran. Serta berpengaruh juga pada gaji karyawan dinegara tersebut. Yang kesemuanya menjadi faktor penentu pertumbuhan ekonomi suatu negara.

6. Faktor Budaya

Faktor budaya juga salah satu pendorong pertumbuhan ekonomi suatu negara tetapi juga dapat menjadi penghambat pertumbuhan ekonomi. Contoh faktor budaya pendorong pertumbuhan ekonomi ialah kerja keras, jujur, kerja cerdas, ulet dan lain-lain. Contoh faktor budaya penghambat pertumbuhan ekonomi adalah korupsi, narkoba, anarkis, boros dan lain sebagainya.

Contoh Pertumbuhan Ekonomi

Contoh pertumbuhan ekonomi pada suatu negara antara lain :

1. Menjadikan diri sendiri sebagai konsumen maupun produsen.
2. Kegiatan masyarakat semakin meningkat demi memenuhi kebutuhan hidup.
3. Nilai kebutuhan manusia semakin naik.
4. Banyak masyarakat yang memiliki alat produksi sendiri.
5. Pembagian tugas masyarakat sesuai dengan keahliannya.
 6. Produksi berkembang pesat karna adanya alat-alat modern.
7. Ekspor barang ke luar negeri semakin naik.
8. Menjalin kerjasama ekonomi dengan negara tetangga.
9. Hasil produksi negara tersebut menjadi produk unggulan dinegara lain.
10. Seluruh usaha hanya berniat untuk mencari keuntungan semata.

Demikianlah materi kita kali ini yang membahas mengenai pertumbuhan ekonomi, ciri, faktor serta contohnya yang telah kita kupas satu persatu. Sedikit banyaknya, semoga kita dapat mengambil manfaatnya. Trima kasih.   

   













0 Response to "Pengertian Pertumbuhan Ekonomi, Ciri, Faktor Dan Contohnya Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel