Pengertian Bencana Alam Menurut Para Ahli Lengkap

Hallo guys, jumpa lagi dengan kami di web Buku Online, kali ini kami akan membahas mengenai hal yang tak asing lagi bagi sebagian orang, bahkan mungkin salah satu diantaranya pernah menjumpai hal ini. Materi yang berhubungan dengan alam semesta atau jagat raya inilah yang akan kita bahas. Ya, bencana alam, tentu dari kalian sudah banyak yang mengetahui apa itu bencana alam. Mari kita simak penjelasannya satu persatu.

Pengertian Bencana Alam Menurut Para Ahli Lengkap

Pengertian Bencana Alam


Pengertian Bencan Alam

Apa yang dimaksud dengan bencana alam? Secara umum bencana alam adalah rangkaian peristiwa alam yang terjadi dan mengakibatkan dampak pada populasi penduduk. Bencana alam dapat berupa banjir, gempa bumi, tanah longsor, gunung meletus, tsunami, badai atau angin topan dan kekeringan. Bencana alam merupakan suatu hal yang tidak di inginkan oleh seluruh masyarakat yang ada di muka bumi ini, karna bisa mengakibatkan kerugian yang teramat sangat, seperti adanya korban jiwa, kerugian materil, kerugian alam atau lingkungan dan yang paling penting ialah sangat merugikan psikologi kejiwaan kita terlebih anak-anak dan lain sebagainya.  

1. Coburn AW

Bencana alam adalah rangkaian peristiwa yang mengakibatkan adanya korban jiwa atau kerusakan, kerugian materi, infrastruktur, pelayanan-pelayanan penting atau sarana kehidupan pada suatu skala yang berada di luar dari kapasitas normal.

2. Heru Sri Haryanto

Bencana alam adalah peristiwa yang mengakibatkan kerusakan pada pola-pola hidup normal, bersifat merugika manusia, struktur sosial dan munculnya kebutuhn masyarakat.

3. Khamadis UGM

Bencana alam adalah rangkaian peristiwa yang disebabkan oleh gejala-gejala alam, sehingga mengakibatka kerugian materi, korban jiwa dan kerusajan lingkungan.

4. Diva

Bencana alam adalah peristiwa alam yang berdampak besar bagi populas perkembangan makhluk hidup, baik manusia, hewan ataupun tumbuhan.

Macam-Macam Bencana Alam


Berikut ini kita sajikan macam-macam bencana alam yang sangat merugikan bagi seluruh makhluk hidup di muka bumi ini, diantaranya:

1. Banjir

Banjir merupaka bencana alam yang hampir setiap tahun terjadi, hal ini disebabkan karna curah hujan tinggi dan tidak di imbangi oleh saluran air yang tidak di imbangi. Banjir juga bisa disebabkan karna jebolnya tanggul sungai atau meluapnya air sungai dikarenakan debit air yang tiba-tiba naik. Dan juga bisa disebabkan oleh ulah tangan manusia, seperti membuang sampah disungai, membuang sampah di aliran air sehingga mengalami penyumbatan air dan menebang pohon secara liar sehingga daerah penyerapan air berkurang.

2. Tanah longsor

Tanah longsor adalah bencana alam yang disebabkan oleh pergerakan tanah yang sangat besar dan terjadi di wilayah dengan berbagai tipe dan jenis yang terkandungan pada tanah tersebut. Penyebab tanah longsor disebabkan oleh dua faktor yakni faktor pendorong yang artinya faktor yang disebabkan oleh material tanah di lingkungan tersebut. Contohnya tanah yang kurang tanaman di sekelilingnya. Dan faktor pemicu yang artinya faktor luar yang menjadi pendukung terjadi tanah longsor di lingkungan tersebut. Contohnya angin kencang dan curah hujan tinggi yang tentunya telah di dukung faktor yang pertama tadi.

3. Gempa bumi

Gempa bumi adalah bencana alam yang diakibatkan oleh getaran yang terjadi di permukaan bumi, dimana penyebab gempa bumi ialah terlepasnya energi dari dalam bumi yang tiba-tiba menciptakan gelombang seismik. Gelombang ini disebabkan karena bergesernya kerak atau lempeng bumi. Gempa bumi merupakan salah satu bencana yang tidak dapat di prediksi. Tempat terjadinya hanya wilayah yang di lewati patahan lempeng bumi dan sekitarnya. Alat ukur untuk mengetahui kekuatan gempa dinamakan seismometer dengan skala yang paling umum digunakan adalah skala richter atau SR, dan batas maksimal aman adalah 5 SR.

4. Tsunami

Tsunami adalah perpindahan ar laut yang sangat besar dan mendadak kearah daratan di karenakan perubahan pemukiman air laut secara vertikal. Biasanya masyarakat menyebutnya dengan ombak besar di pelabuhan. Tsunami disebabkan oleh beberapa faktor alam seperti gempa bumi bawah laut, gunung meletus bawah laut dan longsor dibawah laut yang kesemuanya bisa terjadi kapan saja tanpa bisa diprediksi.

5. Gunung Meletus

Gunung meletus adalah isi perut bumi atau magma yang tersimpsn terdorong keluar oleh tekanan gas yang sangat tinggi. Gunung meletus disebabkan adanya peningkatan aktifitas di dalam gunung. Dampak bisa sangat besar bagi keberlangsungan makhluk hidup, diantaranya korban jiwa, merusak lingkungan sekitar dan lain sebagainya. Selain itu ada dampak positif dari bencana alam gunung meletus yakni setelah 1 atau 2 bulan setelah gunung meletus maka tanah yang di lewati lava gunung meletus akan mengalami kesuburan yang sangat bagus, karna kandungan unsur hara yang terdapat pada lava dan material gunung meletus tersebut sangatlah tinggi.  Kedatangan gunung meletus bisa di prediksi sehingga bisa di antisipasi.

6. Angin topan

Angin topan yang juga disebut angin puting beliung adalah angin yang berputar sangat cepat dan bergerak secara garis lurus mengikuti arah mata angin. Angin topan biasanya berlangsung selama kurang lebih 5 menit. Angin topan biasanya terjadi di daerah yang jauh dari keberadaan gunung atau dataran rendah yang jauh dari perbukitan.

7. Badai

Badai merupakan kebalikan dari angin topan yang terjadi karna berkumpulnya udara dengan tekanan rendah pada suatu wilayah yang akan menciptakan pusaran angin sangat besar pada suatu titik. Dampak yang diakibatkan oleh badai ialah rusaknya lingkungan, bahkan korban jiwa,biasanya badai jauhnya bisa mencapai ratusan mil dari titik pusat badai dan daerah sekitarnya akan disertai hujan lebat. Badai umumnya terjadi di perairan air laut yang juga menimbulkan gelombang badai.

8. Kekeringan

Kekeringan merupakan lingkungan berada dalam keadaan kekurangan sumber air dalam waktu yang cukup lama dan air hujanpun sulit turun. Penyebab kekeringan adalah kurangnya defisit air hujan namun kebutuhan air terus meningkat, kenaikan suhu cuaca menjadi sangat panas sehingga terjadi penguapan dan transpirasi berlebihan, hal ini diakibatkan air untuk menciptakan mendung dan hujan akan menjadi sulit untuk turun ke bumi sehingga akan terjadi kekeringan.

9. Kebakaran hutan 

Salah satu penyebab bencana kebakaran adalah faktor api, yang memberikan pengaruh terhadap hutan baik itu dari ketidak sengajaan maupun sengaja (faktor alam)serta pengaruh dari manusia yang kurang bertanggung jawab. Ada dua faktor yang bisa mengakibatkan kebakaran hutan. Pertama adalah faktor alam yang biasanya diakibatkan oleh sambaran petir ataupun gesekan antar tanaman di musim kemarau yang sangat panas. Faktor yang kedua adalah ulah tangan manusia yang tidak bertanggung jawab. Dampak dari kebakaran hutan adalah mengakibatkan polusi asap yang sangat tinggi. Asap yang sangat tebal akan mengganggu pernafasan kita bahkan bisa sampai merusak sistem pernafasan kita.

Jenis Bencana Alam

Pada umumnya jenis bencana alam terbagi dalam 3 kelompok yakni bencana alam jenis geologi, meteorologi dan ekstra terestial. Mari kita simak penjelasannya satu persatu.

1. Bencana alam geologi ialah bencana alam yang terjadi di muka bumi seperti, gempa bumi, tsunami, tanah longsor dan gunung meletus.

2. Bencana alam meteorologi ialah bencana alam yang berhubungan dengan iklim. Seperti banjir dan kekeringan.

3. Bencana alam ekstra terestial ialah bencana alam yang luar angkasa dan benda-benda luar angkasa tersebut akan jatuh kebumi.

Demikianlah materi kita kali ini yang mempelajari tentang pengertian bencana alam, macam-macam serta jenisnya. Sedikit banyaknya semoga bermanfaat, trima kasih. 

0 Response to "Pengertian Bencana Alam Menurut Para Ahli Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel