Pengertian Artikel Ilmiah Dan Contohnya Menurutu Para Ahli

Sahabat semuanya, pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai hal yang tak asing di dengar dalam dunia karya tulis. Ya, dialah artikel, apa itu artikel, pengertian beserta contohnya kita akan bahas satu persatu.

Pengertian Artikel Ilmiah Dan Contohnya Menurutu Para Ahli




Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, artikel adalah sebuah karya tulis lengkap.Sebagai contoh laporan berita, essai dalam laporan majalah, surat kabar dan lain sebagainya. Sedangkan menurut istilah artikel adalah karya tulis yang di rancang untuk di muat dalam jurnal atau buku. Sedangkan artikel ilmiah secara istilah ialah kumpulan artikel yang di tulis secara ilmiah dan mengikuti pedoman ilmiah yang telah di tetapkan. Sebuah artikel dibuat untuk meyakinkan, mendidik dan menghibur pembaca. Sarana penyampaiannya ialah dengan surat kabar, berita, majalah dan lain sebagainya.

Istilah Artikel Ilmiah

Istilah artikel ilmiah memiliki 4 dimensi yang sangat penting, yakni :

1. Dimensi kaidah tulisan yang harus di taati, baik yang bersifat umum.
2. Dimensi sistematika yang dijadikan unsur pembeda antara bentuk artikel dan karya tulis lain.
3. Dimensi hasil pemikiran atas suatu objek kajian yang dapat berupa temuan penelitian atau gagasan analitis kritis.
4.  Dimensi bahasa tulis sebagai alat mempresentasikan sebuah hasil pemikiran penulis dalam bentuk satu-satuan makna secara eksplisit.

Ciri-ciri artikel ilmiah

Setelah mengetahui pengertian artikel ilmiah, sekarang kita akan membahas ciri-ciri yang di miliki oleh artikel ilmiah, diantaranya :

1. Merupakan tulisan dari ilmu pengetahuan yang di rancang melalui penelitian, sekecil apapun penelitiannya.
2. Bersifat objektif, jika yang di ungkapkan sama dengan karakteristik objeknya.
3. Berdasarkan pada pemikiran ilmiah, yakni logis dan empiris.
4. Dikembangkan berdasarkan rujukan.
5. Kalimatnya bersifat eksplisit, kata-kata ambigu tidak dapat di gunakan dalam hal ini.
6. Memiliki ciri bahasa tulisan ilmiah.
7. Sistematis, maksudnya isi susunannya bersistem, diawali dengan judul artikel,  abstrak, pendahuluan, metodologi penelitian, hasil, pembahasan dan kesimpulan. Begitupun dengan penomoran, bab, subbab serta bagian-bagian detailnya di lakukan secara bersistem.

Contoh Artikel Ilmiah


Bahaya Makanan Instan Bagi Kesehatan Tubuh

Makanan instan atau yang sering kita sebut makanan cepat saji, kini semakin berkembang pesat di dunia industri olahan makanan Indonesia. Makanan cepat saji oleh sebagian besar masyarakat dianggap efektif terhadap waktu dan mudah untuk di temukan. Tidak hanya itu, rasanya yang nikmat dan harganya mudah di jangkau oleh seluruh kalangan masyarakat menjadikan makanan instan ini banyak di gemari baik dari kalangan anak-anak, dewasa hingga orang tua

Tidak banyak orang yang tau jika sejak dulu makanan instan tengah mengalami banyak kontroversi di negara kita, karna terbukti ada dampak buruk pada kandungan makanan instan tersebut. Salah satu contohnya pada mie instan, terdapat kandungan zat-zat berbahaya seperti lililn pada produk tersebut. Tidak hanya disitu, bahan pengawet, dan penyedap rasa atau yang kini tengah ramai diperbincangkan dengan nama micin juga terkandung pada produk instan tersebut.

Fenomena kata micin kini menjadi viral dan kerap digunakan oleh kalangan remaja bahkan dewasa jika melihat seseorang mengalami hal-hal kurang normal. Kurang normal dalam hal ini maksutnya telat berfikir, lama merespon bahkan kadang tidak nyambung jika di ajak ngobrol dan lain sebagainya. Tidak dapat di pungkiri bahwa makanan instan mengandung banyak zat-zat berbahaya seperti yang telah dipaparkan di atas.

Memang, terlalu sering mengkonsumsi makanan cepat saji tidak berdampak secara langsung terhadap tubuh dan kesemuanya telah di lakukan penelitian oleh ahlinya. Namun kesemua makanan instan yang telah dikonsumsi akan tertimbun dalam tubuh dan di kemudian hari akan menjadikan bibit penyakit yang mematikan. Seperti stroke, usus buntu, gagal ginjal bahkan virus mematikan nomor 1 di dunia yakni kanker bisa terjadi akibat terlalu sering dan lama mengkonsumsi makanan instan. Maka demi kebaikan, jika anda suka dan hobi mengkonsumsi makanan instant tersebut, kurangilah demi kesehatan diri anda sendiri.

Mulai sayangi kesehatan tubuh dan diri anda sendiri. Ingat, bahwa kandungan pada makanan instan tersebut salah satunya adalah lilin dan lilin tidak mudah dicerna oleh tubuh kita. Bahkan lilin dapat menghancurkan sistim kerja pencernaan, sehingga membutuhkan waktun 1 sampai 2 hari, bahkan lebih bagi tubuh untuk dapat mencernanya..

Demikianlah materi yang kita bahas tentang artikel ilmiah beserta contohnya. Sedikit banyaknya semoga bermanfaat, trima kasih.

0 Response to "Pengertian Artikel Ilmiah Dan Contohnya Menurutu Para Ahli"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel