Pengertian Gunung Meletus Menurut Para Ahli Beserta Sebab Dan Akibatnya

Pengertian Gunung Meletus Menurut Para Ahli || Apa itu gunung? Tonjolan yang ada di permukaan bumi, yang di dalamnya memiliki saluran berbentuk vertikal seperti pipa alami ialah yang dinamakan gunung. Pipa itulah yang menghubungkan perut bumi dengan kerak bum (lempeng bumi). Perut bumi memiliki isi yang bermacam-macam, diantaranya magma dan juga batuan cair panas. 

Pengertian Gunung Meletus Menurut Para Ahli


Pengertian Gunung Meletus Menurut Para Ahli


Gunung memiliki dua jenis, yakni gunung aktif (berapi) dan gunung pasif (tidak berapi). Gunung aktif ialah gunung yang memiliki aktivitas vulkanisme, berbentuk kerucut, mengeluarkan asap, debu dan lava. Gunung aktif, dipastikan suatu saat akan meletus, meskipun tidak di ketahui kapan pastinya gunung tersebut akan meletus. Sedangkan gunung pasif (tidak aktif) ialah gunung yang tidak memiliki tanda-tanda akan meletus, tidak memiliki catatan letusan, tidak memiliki aktivitas vulkanisme serta tidak mengeluarkan asap, debu, lava, serta tidak mengeluarkan bau belerang yang menyengat.

Bagaimana proses gunung berapi meletus? Magma dan batuan cair panas yang keluar ke permukaan bumi secara berkala melalui saluran pipa alami yang menjulang tinggi yang disebabkan oleh getaran bumi (gempa tektonik), ialah yang dinamakan gunung meletus. Dari banyaknya magma dan batuan cair panas yang dikeluarkan gunung meletus tersebut, banyak orang mengatakan gunung meletus mengeluarkan material dari dalam perut bumi.

Tanda Tanda Gunung Berapi Akan Meletus


Meskipun tidak tahu kapan pastinya gunung akan meletus, namun tanda-tanda gunung akan meletus bisa diketahui sejak dini melalui alat pengukur yakni Seismometer. Dari seismometer itulah tanda-tanda awal gunung akan meletus bisa diketahui.

Tanda dan ciri-ciri gunung akan meletus

1. Suhu udara mengalami kenaikan
Tidak seperti biasa, cuaca akan berubah drastis, suhu udara akan menjadi panas, bahkan di malam hari. Saat itulah terjadi aktivitas di dalam gunung, material inti gunung berjalan menuju keluar.

2. Mata air mengering
Akibat perubahan suhu udara mengalami kenaikan menjadi panas, maka mata air disekitar gunung akan mengalami kekeringan.

3. Tumbuhan mulai layu
Panasnya udara dan keringnya air, juga mengakibatkan tumbuhan yg ada disekitar ikut layu.

4. Terdengar gemuruh
Aktivitas yang terjadi di dalam perut bumi terdengar bergemuruh, bahkan kadang menghasilkan gempa-gempa kecil bahkan besar.

5. Hewan-hewan bermigrasi
Seluruh binatang yang mendiami sekitaran gunung mulai gelisah dan akan terjadi migrasi besar binatang. Begitu pula dengan binatang yang jarang terlihat, mereka akan ikut bermigrasi

6. Awan panas
Awan panas merupakan asap yang dikeluarkan saat gunung melakukan aktifitas magma yang tinggi, sehingga sebagai salah satu tanda bahwa gunung akan meletus.

7. Gempa vulkanik
Gempa yang terjadi akibat aktifitas magma didalam perut bumi, tidak hanya menghasilkan suara gemuruh, bahkan bisa terjadi getaran kecil yang sering dirasakan hingga ke permukaan bumi, inilah yang kita namai gempa vulkanik.

Penyebab Gunung Berapi Meletus


Selama hidupnya, gunung berapi keadaannya terus berubah-rubah, kadang tidak beraktivitas selama puluhan bahkan ratusan tahun lamanya, dan kadang juga mengalami aktivitas hingga gunung tersebut mengalami letusan. Letusan gunung tidak terjadi begitu saja, namun ada sebab yang mengakibatkan meletusnya gunung tersebut. Berikut ini akan dijelaskan sebab terjadinya gunung meletus :

1.Peningkatan Frekuensi Vulkanisme
Frekuensi gempa bumi yang meningkat, bisa terjadi puluhan kali gempa dalam sehari yang disebabkan aktifitas di dalam gunung, mengakibatkan lempeng bumi yang saling berdesakan, mengalami  tekanan besar, sehingga menekan dan mendorong permukaan bumi dan isi bumi untuk keluar.

2. Suhu Kawah Meningkat Secara Signifikan
Mencapai lapisan kawah paling bawah telah naik, itu adalah salah satu tanda aktifitas magma sehingga secara lebih mempengaruhi suhu kawah dengan keseluruhan. Degan gunung yang bersetatus normal, tidak terlalu banyak volume magma yang terkumpul didaerah kawah sehingga menyebabkan suhu di sekitarnya menjadi normal seperti biasa.

Bisa disebabkan naiknya suhu magma tersebut oleh lapisan bumi dan pergerakan tektonik  yang selalu ada di bawah gunung, sehingga meningkatnya gerakan lempeng, dan tekanan pada suhu dapur magma pada akhirnya membuat magma selalu terdorong keatas sehingga suhu kawah selalu berada di bawah tempatnya. Pada kondisi seperti ini, banyak sekali hewan hewan di sekitar gunung terlihat sangat gelisah, ketakutan dan  segara bermigrasi. selain membuat air tanah di sekitar gunung mengering dan membuat suhu kawah di sekitarnya akan meningkat.

3. Terjadinya Depormasi Badan  Gunung
Disebabkan oleh beberapa hal yang meningkatnya gelombang  listrik dan magnet, sehingga mempengaruhi gunung dan menyebabkan perubahan struktur batuan gunung kedalam bagian menghubungkan kawah dengan dapur magma, atau bisa juga kecilnya volume dapur magma akibat tersumbatnya depormasi batuan gunung itu sendiri.

4. Lempeng Lempeng Bumi Saling Berdesakan
Hal ini menyebabkan tekanan yang sangat besar selalu mendorong dan menekan permukaan bumi sehingga menimbulkan gejala vulkanik, tektonik, dan aktivitas geologi gunung meningkat. Seperti apa yang dijelaskan sebelumnya bahwa bagian kerak bumi merupakan lempeng lempeng yang setiap saat selalu bergerak, zona merupakan pegunungan daerah, dan saling bertemu keduanya, penyebab desakan lempeng serta perubahan struktur  dalam gunung berapi.

5. Akibat Tekanan Yang Sangat Tinggi
Telah dijelaskan pada poin sebelumnya menjadi beberapa penyebab seperti  terdorong nya cairan magma  selalu bergerak, keluar dan keatas masuk saluran kawah. menyusuri perjalanan saluran kawah dapat tersumbat, dan akan di kenal ledakan yang menimbulkan letusan gunung  berapi. Tekanan semakin besar menyebabkan semakin kuat ledakan volume magma  yang terjadi.

Dampak Letusan Gunung Berapi


Setiap bencana alam yang menimpa kita, pasti membawa dampak masing masing yang bisa di rasakan penduduk atau warga disekitar kejadian bencana alam. Dampak negatif sama halnya, dengan terjadinya bencana alam namun terjadinya tidak sedemikian dengan letusan gunung berapi, justru membawa dampak positif di samping itu pula, juga membawa dampak negatifnya.

Berikut Ini Dampak Letusan Gunung Berapi Baik Positif  Maupun Dampak Negatif  Dan Penjelasannya.

1.  Dampak Negatif.
  • Lahar dan lava akan merusak kawasan yang di laluinya seperti pemukiman penduduk, lahan pertanian, maupun sungai. 
  • Destinasi wisata yang menjadi tujuan akibat adanya letusan gunung berapi, beberapa lokasi wisata di tutup sehingga laju ekonomi akan  terhambat.
  • Hutan di sekitarnya rusak karena adanya lahar yang akan mempengaruhi wilayah ekosistem hayati tersebut.
  • Adanya letusan gunung berapi, maka aktivitas semua penduduk disekitar nya otomatis menjadi lumpuh. Sehingga perjalanan ekonomi tidak baik dan akan  terhambat.
  • Banyak keluar debu dan asap saat sebelum atau sesudah letusan dapat menyebabkan ISPA buat masyarakat yang tinggal di daerah bencana alam tersebut.
  • Terjadi pencemaran polusi, karena di saat letusan keluar debu dari gunung berapi yang mengandung sulfur dioksida dengan gas gas beracun,  nitrogen dioksida dan hidrogen sulfida.


2. Dampak Positif.
  • Tanah tanah akan semakin subur terkena  material letusan disekitar gunung, sangat menguntungkan tentu saja para petani dimana mereka tidak perlu mengluarkan biaya lagi untuk membeli pupuk.
  • Selain itu sumber air panas akan muncul geser baru secara periodik dan bertahap,  hal ini untuk kesehatan kulit tentu saja sangat dimanfaatkan masyarakat setempat.
  • Sesudah meletus, dari gunung biasanya air mata makdani akan muncul, yaitu dengan kandungan mineral dan kayanya mata air di sekitarnya.
  • Saat letusan akan terjadi berbagai ukuran batu yang sangat banyak  di muntahkan gunung dapat bermanfaat di sekitar penduduk untuk bahan bangunan.
  • Sangat berpontisial dengan wilayah yang sering terjadi letusan gunung berapi untuk di jadikan adanya pembangkitan listrik tenaga panas, tentu saja semua itu sangat bernilai ekonomis.
  • Meterial vulkanik sangat besar selama letusan gunung berlangsung, ternyata semuanya membawa berkah bagi masyarakat tersendiri yang berada disekitar gunung tersebut, karena  mereka memiliki profesi baru sebagai penambang pasir.


Demikianlah dampak yang terjadi akibat letusan gunung. Dampak negatif dan positif sama banyaknya, kita hanya perlu waspada dengan tanda-tanda awal bencana alam, seperti gunung meletus. Terima kasih  banyak atas kunjungannya, semoga bermanfaat.

MUHAMMAD SYUKUR.

0 Response to "Pengertian Gunung Meletus Menurut Para Ahli Beserta Sebab Dan Akibatnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Klik 2X (X) untuk menutup

Selamat Datang di Buku Online ×